11 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

manfaat, kayu manis, untuk kesehatan

11 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

Selain manfaatnya untuk bumbu masakan dalam berbagai menu makanan dan minuman, kayu manis ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang belum banyak diketehui. Kayu manis adalah jenis rempah-rempah yang beraroma, manis dan pedas.

Kayu manis mengandung eugenol, minyak atsiri, tanin, sinamaldehida, kalsium, oksalat, safrol, penyamak, dan resin. Untuk kesehatan, Anda bisa merebus kayu manis dan minum air rebusannya yang sudah matang dengan menambahkan sedikit madu murni. Berikut ini ada 11 manfaat kayu manis bagi kesehatan, seperti:

1. Mencegah diabetes

Kayu manis dipercaya dapat mengontrol kadar glukosa darah. Dengan mengendalikan glukosa darah sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Kandungan serat dan protein dalam kayu manis sangat dianjurkan bagi wanita untuk dikonsumsi saat menstruasi. Dengan ramuan ini membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi karena kontraksi otot di rahim.

3. Untuk Kesuburan

Kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi kesuburan. Bagi pasangan suami istri yang sampai saat ini belum memiliki keturunan disarankan untuk mengonsumsi kayu manis setiap hari.

4. Menyeimbangkan hormon

Senyawa-senyawa baik dan aktif yang terkandung dalam kayu manis dapat mengontrol dan menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya secara teratur dapat mengurangi gangguan kesehatan yang berdampak pada penurunan produksi hormon progesteron pada wanita dan hormon testosteron pada pria.

5. Mencegah Gumpalan Darah

Jika terjadi peradangan dan pembengkakan, Anda bisa minum kayu manis. Ini berguna untuk mencegah pembekuan darah.

6. Mengurangi sakit dan Nyeri Rematik

Manfaat lain dari kayu manis adalah dapat mengurangi rasa sakit rematik. Sitikon yang menyebabkan radang sendi dapat dikurangi dengan kayu manis.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Antiinflamasi yang terkandung dalam kayu manis bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan ini dapat membantu melindungi jantung dari bakteri atau gangguan infeksi lainnya.

8. Obat untuk anti-bakteri

Bakteri yang ada di mana-mana bisa masuk ke tubuh kita. Jika bakteri memasuki tubuh, tubuh mungkin tidak dapat menahannya. Jadi dengan mengonsumsi kayu manis dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang mampu menangkal masuknya bakteri jahat.

9. Menghangatkan tubuh

Kayu manis dipercaya bisa menghangatkan tubuh. Di luar negeri, ketika musim dingin tiba mereka biasanya mengonsumsi kayu manis untuk menghangatkan tubuh.

10. Mengatasi Alzheimer

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah mengatasi Alzheimer. Senyawa penangkal radikal bebas antioksidan yang terkandung dalam kayu manis dapat secara andal menghambat penumpukan protein di otak yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

11. Kecantikan Kulit

Sumber nutrisi dan serat yang terkandung dalam kayu manis dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Racun yang menumpuk di dalam tubuh akan membuat kulit kusam. Sehingga apabila mengonsumsi kayu manis dengan teratur akan dapat membuat kulit lebih bercahaya.

Namun selain manfaat kayu manis yang baik untuk kesehatan, ada juga beberapa efek samping yang akan dirasakan. Beberapa orang yang makan kayu manis akan merasakan efek wajah memerah dan panas, peningkatan denyut jantung, dan sesak napas. Anda harus berhenti menggunakannya jika Anda merasakan efeknya.


Baca : Herbal Farmasi Diabetes Alami Mengobati dan Memulihkan Diabetes

No comments:

Post a Comment