Buah Tomat Si Merah Kaya Akan Likopen Khasiat dan Manfaat

Buah Tomat Si Merah Kaya Akan Likopen

tomat si merah kaya akan likopen

Pernahkah Anda mendengar tentang likopen? Meskipun belum banyak yang diketahui, ternyata zat yang satu ini juga turut membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Lalu, apa saja manfaat likopen bagi kesehatan, cari tahu penjelasan selengkapnya dalam tomat si merah yang banyak likopen.

Likopen merupakan senyawa karetenoid yang memberikan warna kuning tua hingga merah pada beberapa buah-buahan dan sayuran. Likopen juga dikenal memiliki efek antioksidan, sehingga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai risiko masalah kesehatan tubuh kita, seperti gangguan jantung, aterosklerosis, dan kanker. Buah dan sayur yang mengandung likopen yaitu tomat, selain itu ada juga jeruk bali, wortel, atau pamelo, semangka, pepaya, dan jambu biji.

Tomat adalah tanaman yang berasal dari keluarga Solanaceae, yang merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan, tepat yang berasal dari negara Meksiko hingga Peru, Tomat adalah tanaman dengan siklus hidup yang pendek, dapat tumbuh tinggi hingga ukuran 1 sampai 3 meter.

Tomat yang terdapat di pasaran umumnya memiliki 2 warna, yakni merah dan hijau. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal kandungan vitamin. Buah tomat yang berwarna merah mengandung vitamin A dan C lima kali lebih banyak daripada yang berwarna hijau , dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak sejak usia dini , demi kesehatan mata dan meningkatkan imunitas terhadap penyakit yang menyerang.

Jika dilihat dari segi kandungan gizi dan nutrisi, tomat mengandung mineral , serat , dan vitamin yang tinggi serta Likopen (antioksidan di dalam tomat) , keuntungan lainnya adalah, buah tomat rendah akan kalori dan lemak sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Para ahli gizi bahkan menganjurkan bagi orang-orang yang memiliki masalah obesitas dan kolesterol , untuk selalu mengkonsumsi buah ajaib ini.


Apa Itu Likopen Yang Terkandung Di Dalam Tomat

manfaat tomat untuk tulang, manfaat tomat untuk wanita, manfaat tomat untuk diet, manfaat tomat untuk hati

Likopen ditemukan dalam banyak buah-buahan, termasuk di dalam semangka, jambu biji, pepaya, aprikot, jeruk bali merah muda dan jeruk merah. Likopen bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh, melindungi sel terhadap kerusakan dari radikal bebas yang terbentuk ketika sel-sel tubuh membakar oksigen untuk energi (proses oksidasi).

Nutrisi Di Dalam Buah Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang bernama Likopen, Tomat rendah akan sodium, dan sangat rendah akan Lemak Jenuh serta Kolesterol. Tomat merupakan salah satu sumber yang cukup besar untuk menghadirkan kebutuhan Vitamin E (Alpha tokoferol), Thiamin, Niacin, Vitamin B6, Folat, Magnesium, Fosfor dan tembaga, serta sumber yang sangat baik dari Dietary Fiber (serat makanan), Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Kalium dan Mangan. Vitamin A dan C pada tomat sangat baik untuk melindungi kesehatan mata kita.

Manfaat dan Khasiat Likopen Di Dalam Buah Tomat
  • Kandungan likopen yang berperan sebagai antioksidan memberikan efek cantik pada kulit. Yaitu dapat mencerahkan kulit, memberikan efek lebih segar dan bersinar , melindungi dari paparan sinar matahari , mencegah kerutan akibat dari penuaan dini, serta dapat membantu mengontrol ukuran pori-pori kulit.
  • Likopen adalah antioksidan yang sangat efisien, karena dapat menetralisir radikal bebas, yang merupakan penyebab berbagai jenis penyakit degeneratif.
  • Likopen dapat mencegah dan membantu penyembuhan kanker prostat. Dalam sebuah studi pada tahun 1995 yang dilakukan Harvard University dengan 47.894 pria, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi tomat selama seminggu mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat sebanyak 34 persen.
  • Likopen juga mampu menekan pertumbuhan sel kanker, melindungi dari infeksi bakteri, serta mampu menghambat pertumbuhan dan mengurangi ukuran dari tumor otak.

Manfaat Buah Tomat Di Dalam Amazon Plus Jus Herbal Ampuh

amazon plus, jus amazon plus, herbal amazon plus, tomat dalam amazon plus

Amazon Plus merupakan produk herbal yang ampuh karena mengandung beragam manfaat kesehatan tubuh yang berasal dari buah-buahan di berbagai penjuru dunia. Salah satunya adalah kandungan tomat di dalam Jus Amazon Plus. Khasiat likopen di dalam buah tomat akan saling berpadu padan dengan senyawa antioksidan dan nutrisi lainnya di dalam Acai Berry, Blueberry, Manggis, Zaitun dan Delima merah. Sehingga menghasilkan keunggulan produk Amazon Plus yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Demikian informasi tentang Buah Tomat Si Merah Yang Kaya Akan Likopen sebagai salah satu komposisi yang mengisi setiap botol Amazon Plus keajaiban zaitun untuk kesehatan yang berkelas. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Herbal Ampuh.

No comments:

Post a Comment